Inilah Definisi Intranet serta kelebihan dan kekurangannya

Halo Sob, kali ini saya Pos artikel terbaru tentang Definisi Intranet, dimana dalam artikel ini saya berharap sobat dapat memahami apa itu Intranet, oleh karena itu saya memberi judul ini dengan Definisi Intranet. Sebelum saya Membuat artikel ini saya juga membuat artikel yang berjudul Inilah Definisi Internet, Baca Disini. Langsung saja sob dibaca dan dimengerti apa itu Intranet.



Inilah Definisi Intranet serta kelebihan dan kekurangannya
Definisi Intranet


Definisi Intranet

Intranet mulai diperkenalkan oleh beberapa penjual produk jaringan pada tahun 1995. Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Artinya, semua fasilitas intranet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas.
Intranet merupakan perkembangan dari LAN (Local Area Network) dengan mengadopsi teknologi internet dan sebuah jaringan private (Khusus) dengan sistem dan prinsip yang sama dengan internet (TCP/IP) untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan  tersebut kepada karyawannya. Dengan demikian, Intranet adalah jaringan internal perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dll yang menggunakan arsitektur, protokol, dan aplik­asi yang sama seperti internet. Dapat diibaratkan intranet merupakan internet yang dibuat dalam lingkup lokal. Seperti halnya dengan internet, permasalahan yang kerap muncul adalah masalah keamanan data, mengingat jaringan telekomunikasi komersil yang dipakai bersifat umum (public servce communication network). Intarnet juga biasanya digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dll dengan dilengkapi sebuah atau beberapa server untuk keperluan internal seperti menyimpan data, menyimpan arsip, dan sebagainya.


Kelebihan dan Kekurangan Intranet


Kelebihan Intranet
Intranet memiliki beberapa kelebihan, antara lain sebagai berikut:


  1. Mempermudah untuk mencari informasi secara cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan bagiannya, serta mengakses database yang diperlukan.
  2. Memberikan informasi secara cepat dengan mengakses informasi yang sesuai.
  3. Fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektifi di dalam sebuah organisasi, baik vertikal maupun horizontal.
  4. Data-data perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dll dapat diakses secara mudah.
  5. Menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna dapat melihat informasi yang sama.
  6. Dengan informasi yang diakases oleh semua pengguna, kualtas kerja tim akan meningkat.


Kekurangan Intranet
Intranet memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut:


  1. Pertimbangan keamanan data merupakan pemikiran utama karena pengguna bisa saja mengrim pesan yang sensitif (Menyinggung sesama anggota, karyawan, atasannya)
  2. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan Intranet di sebuah perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dll.
  3. Informasi yang salah atau tidak sesuai dapat juga beredar melalui Intranet, sehingga dapat mengurangi efektivitasnya.
  4. Terjadi Overload (Data penuh) jika tidak di kontrol dengan baik

Mungkin itu saja yang dapat saya share kepada kalian tentang "Inilah Definisi Intranet serta kelebihan dan kekurangannya" , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Inilah Definisi Intranet serta kelebihan dan kekurangannya"

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Jangan Lupa Mampir Lagi Yah

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Di Bawah ini :